Rabu, 24 Oktober 2018

Peralatan pembangunan

http://uny.ac.id.                                               
Judul Buku : Peralatan Pembangunan Konstruksi, Penggunaan dan Pemeliharaan
Pengarang Buku :  Ir. Heinz Friok
Penerbit Buku : Kanisius
Tahun terbit : 1998
Cetakan : 4
Tebal Buku : 190 
Dalam buku ini terdapat 6 bab yang menjelaskan tentang alat alat pembangunan. Salah satunya yang terdapat pada bab 1 yaitu jenis penggunaan mesin dan alat pembangunan. Jenis peralatan pembangunan dalam buku ini di golongkan menurut fungsinya, yaitu alat penyediaan beton, alat pemindahan dan perata tanah, alat pemadat dan mesin pembangunan jalan, alat pengangkut, alat pengentak, pemboran dan pompa serta alat udara tekan. Di dalam alat penyediaan beton di jabarkan juga tentang mesin kilang beton, alat getar, dan alat pembentuk baja tulangan. Penjabaran dan fungsi alat pemindah dan perata tanah di jelaskan pada alat alat sebagai berikut, buldoser, mesin ketam tanah atau grader, traktor berban gigi (traxcavator), traktor beroda empat, mesin sengkang keruk, mesin keruk hidraulis. Alat pemadat dan mesin pembangun jalan yaitu: mesin gilas, alat stabilisator tanah, mesin makadam. Alat pengangkat yaitu: keran angkat, mobil keran angkat. Alat pengentak, pemboran, dan pompa yaitu: steling pengentak, steling pengentak disel yang bergantung, kepala babi, alat pemecah batu, pompa air. Alat dengan udara tekan yang menjelaskan tentang perkakas udara tekan, kompresor, dan pipa pipa udara tekan.
Yang kedua buku ini menjelaskan tentang bagian bagian mesin yang di golongkan menurut fungsinya: yaitu alat alat sambungan, bantalan dan kopeling, transmisi atau pemindah tenaga, dan hidraulika. Pembahasan yang pertama mengenai alat alat sambungan yang di dalamnya terdapat tali, sekrup, baut, uliran, baji, pasak, paku, dan keling. Selanjutnya bantalan dan kopeling yang menjabarkan bantalan biasa, bantalan peluru, kopeling atau perangkaian, dan pengubah momen putar. Selanjutnya transmisi atau pemindah tenaga yang menjelaskan tentang transmisi pita dan rantai, persneling (roda gigi), kopeling diferensial atau kardan, persneling pemindahan, transmisi engkol. Yang terakhir yaitu hidraulika yang menjelaskan tentang peralatan hidraulis dan pakingatau gasket.
Bab 3 menjelaskan tentang motor pembakaran yang di jelaskan tentang bagian bagian motor pembakaran, alat alat perlengkapan motor otto, alat alat perlengkapan motor diesel, perlengkapan motor pembakaran dan pemeliharaan motor pembakaran. Pembahasan mengenai bagian bagian motor pembakaran yaitu ruang kerja dan torak, poros engkol dan batang torak, serta katup. Di dalam alat alat perlengkapan motor otto di jelaskan tentang campuran bahan bakar dan sistem penyalaan. Di dalam alat alat perlengkapan motor diesel di jabarkan tentang sistem injeksi pada motor diesel dan turbo kompresor gas bekas. Perlengkapan motor pembakaran menjelaskan tentang pelumasan, pendinginan persediaan listrik dan sistem rem. Sedangkan dalam pemeliharaan motor pembakaran terdapat penjelasan daftar data data penting dan pemeliharaan dan pelumasan.
Selanjutnya peralatan listrik yang membahas tentang pengetahuan listrik, instalasi listrik, motor listrik dan tindakan pengamanan yang di dalamnya terdapat penjelasan pencegahan kecelakaan listrik. Pengetahuan dasar menjelaskan tentang akibat listrik, peredaran listrik atau elektrodinamika, hukum Ohm, jenis jenis listrik dan saluran tenaga listrik. Instalasi listrik menjelaskan tentang simbol simbol bahan instalasi listrik, penentuan ukuran ukuran hantaran, sekering, sakelar pengaman, relai, pembumian, meter listrik, lampu bola dan lampu neon, hubungan hubungan listrik, diagram sirkuit atau instalasi listrik. Selanjutnya motor listrik yang menjelaskan tentang motor listrik arus putar, motor listrik arus rata, motor listrik universal, generator dan transformator.
Bab 5 menjelaskan tentang pemeliharaan mesin dan alat pembangunan yang menjabarkan tentang pembersihan, pencegah kerusakan yang menjelaskan tentang pengausan pelumasan pekerjaan menyetel kelelahan bahan dan korosi, pekerjaan pemeliharaan menjelaskan tujuan pekerjaan pemeliharaan dan cara pekerjaan pemeliharaan , pengontrolan pekerjaan pemeliharaan menjelaskan tentang pengontrolan alat suku cadang dan pengontrolan perlakuan pemeliharaan, perlindungan lingkungan dan minyak bekas pakai menjelaskan bagaimana pembaharuan minyak bekas pakai.
Secara keseluruhan buku ini sudah lengkap dan bagus karena secara detail terdapat pembahasan pembahasan yang penting sebagai contohnya adalah simbol listrik dan kode warna ukuran kekuatan arus sekering. Kelemahan buku ini gambar yang tidak berwarna menjadikan cepat jenuh dan kurang jelas tentang gambar tersebut. Seharusnya di dalam buku ini perlu di kasih pembatas antara bab 1 dengan bab yang lainya. Kaidah pembahasan buku ini mudah di mengerti. Sangat bermanfaat untuk saya yang baru mempelajari tentang rekonstruksi bangunan yang terdapat penjelasan tentang allat alat bangunan serta saya juga dapat mengetahui tentang mesin dan listrik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar